5 Tips Menyusun Daftar Tamu Undangan Pernikahan Agar Resepsi Lancar

5 Tips Menyusun Daftar Tamu Undangan Pernikahan Agar Resepsi Lancar
Tamu pernikahan merupakan salah satu faktor penting pendukung suksesnya acara resepsi pernikahan yang akan kamu selenggarakan. Jumlah tamu undangan pernikahan perlu ditetapkan sejak awal dengan berbagai macam kriteria dan pertimbangan. Hal yang paling penting bahwa tamu undangan sesuai dengan rencana awal dan memiliki peluang besar datang agar dapat memberikan support suksesnya acara resepsi pernikahan (istilah teknisnya tamu undangan potensial). Perlu keputusan bijaksana dan penuh dengan kompromi agar kamu, pasanganmu dan keluargamu merasa dihargai dan tidak menyesal di masa depan karena tamu undangan tidak sesuai harapan. Perlu sebuah tindakan cermat agar tidak ada tamu undangan penting terlewatkan serta dapat menunjang kehidupan pasca menikah.

Lalu kriteria dan pertimbangan apa saja yang wajib diperhatikan dalam menyusun daftar undangan tamu resepsi pernikahan ?


1. RUMUS PERTAMA DAN UTAMA JUMLAH TAMU POTENSIAL

Anggaran (Budget) + Tempat + Konsep Acara = Jumlah Tamu Potensial

Ketiga faktor di atas tidak dapat dipisahkan satu dengan yang lainnya dalam menyusun daftar jumlah Tamu Undangan Potensial. Faktor anggaran akan memberikan batasan dan gambaran tentang seberapa banyak tamu undangan, seberapa besar kemampuan menyewa atau menyediakan tempat resepsi dan seperti apa konsep acara pesta pernikahan yang kamu dan pasangan inginkan.

Jika konsep acara anda menginginkan pesta pernikahan yang lebih mengedepankan pesta yang intim atau private agar antara pasangan dengan tamu undangan dapat lebih bercengkrama, maka konsep pernikahan outdoor seperti pesta kebun atau taman dapat anda pertimbangkan dengan hanya mengundang keluarga dan teman terdekat saja (jumlah tamu sedikit). jika budget yang dimiliki ada, maka konsep private beach party, private resort party, private roof top party atau konsep private lainnya.

Jika anggaran kecil maka ada dua pilihan, kamu dapat menyelenggarakan pesta pada gedung petemuan kampung atau di rumah dengan konsep sederhana. Jika anggaran ada dan menginginkan bisa mengundang banyak orang maka anda dapat menyewa ballroom hotel atau gedung pernikahan.

Kamu dan pasangan harus mendata seluruh tempat resepsi yang memiliki kriteria memenuhi rencana acara resepsi pernikahan, kemudian mencocokan dengan anggaran dan estimasi jumlah tamu yang akan diundang. Sebagai contoh, jika kapasitas 500 orang maka undangan yang di sebar sekitar 200-250 lembar atau sekitar 40-50 persen dari kapasitas. Pertimbangannya tamu undangan berpasangan dan kemungkinan membawa anak atau keluarga, sekaligus memperhitungkan jumlah anggota keluarga yang diundang dalam resepsi. Selebihnya akan dibahas pada tips seleksi tamu undangan.


2. SELEKSI TAMU UNDANGAN

Siapa Saja Yang Akan di Undang ke Resepsi ?

Setelah memiliki ketetapan lokasi dan estimasi jumlah tamu undangan, langkah selanjutnya adalah menyusun daftar tamu resepsi pendahuluan (melakukan pengelompokan). Tujuan melakukan pengelompokan dan mendaftar tamu undangan agar tidak ada tamu undangan pernikahan yang terlewatkan secara khusus tamu yang penting bagi keluarga dan bermakna dalam kehidupan kamu dan pasangan di masa yang akan datang.
  1. Faktor Orang Tua. Secara tradisi di Indonesia secara umum dan untuk diketahui bersama dalam penyelenggaran acara resepsi biasanya orang tua ikut serta membantu mendanai acara pernikahan anda sehingga kamu perlu tahu berapa persen kontribusi orang tua untuk mendanai pernikahan. Jika kontribusi orang tua lebih besar dari 60 persen sampai 100 persen maka yang memiliki hajat sebenarnya adalah orang tua, maka mayoritas tamu undangan merupakan kolega dari orang tua, biasanya porsi tamu undangan kolegamu dan pasangan akan lebih kecil untuk di undang. Sebagai contoh saat orang tuamu yang punya hajat maka dapat dipastikan 60-80 persen tamu undangan adalah kolega orangtuamu sedangkan kolegamu dan pasangan sekitar 20-40 persen dari seluruh undangan yang di sebar. Tetapi sebaliknya jika kontribusimu dan pasangan dalam mendanai resepsi maka persentase tamu undangan akan lebih besar. Tidak ada yang pasti sebenarnya, jika musyawarah antara kamu, pasangan, orangtuamu dan orangtua pasanganmu dalam pembagian jumlah undangan, prinsip utamanya adalah kompromi membuat semua terakomodasi bahagia.
  2. Keluarga Besar Ayah, Ibu dan Mertua. Keluarga besar adalah pokok yang wajib di daftar terlebih dahulu, mulai dari kakak, adik, kakek, nenek, paman, bibi, anak, cucu, dan keluarga sambung. Sebagai bentuk penghormatan terhadap tali persaudaraan. Biasanya mereka di tempatkan di area khusus bagi keluarga besar dan besan. Artinya sudah di hitung alokasi duduk khusus bagi mereka.
  3. Tamu Penting (VVIP dan VIP). Tamu ini biasanya sangat penting bagimu, pasangan, orang tua, mertua seperti BOS atau Pejabat. Akses khusus seperti penyambutan, tempat duduk dan parkir khusus menjadi catatan yang harus diperhatikan dan siapkan bagi mereka. Tujuannya tak lebih demi kepentingan silaturahmi dan menjaga martabat tamu ini. Undangannya pun bisa di siapkan khusus atau berbeda daripada undangan umum.
  4. Tetangga Rumah/Kampung/Komplek/Apartemen/Rusun. Kamu atau keluargamu pasti tinggal di suatu daerah dalam suatu wilayah tertentu. Jika keluargamu sering bersosialisasi maka tetangga, maka kamu dan keluarga akan mengenal banyak orang dalam lingkungan tempat tinggal. Merekalah orang pertama yang akan menolongmu dan keluarga jika terjadi sesuatu. Biasanya dalam lingkungan tempat tinggal ada arisan untuk bapak, ibu dan karang taruna. Satu RT/komplek/lingkungan dapat di undang jika mengenal mereka semuanya atau sebagian berdasarkan intensitas bertemu. Tujuan mengundang selain untuk menjalin silaturahmi tentunya menghindari drama cibiran/buah bibir dari lingkungan sekitar rumah. Tetangga juga dapat dilibatkan untuk mensukseskan acara misalnya bisa sebagai penyambut tamu, pengisi acara dll yang biasanya dalam sebuah kepanitiaan.
  5. Rekan Kerja. Mengundang rekan kerja atau kolega kantor punya seni tersendiri. Kalau di kantor kamu sosok penting dan cukup dikenal banyak orang maka bisa rumit menghadapi situasi jika ada salah satu rekan/kolega kerja terlewat tidak di undang maka drama bisa terjadi saat satu di undang yang lain tidak padahal mereka merasa kenal anda. Beda cerita jika anda hanya bekerja dalam tim kecil maka semua dapat anda undang. Pertimbangan lainnya adalah lama waktu kerja anda di divisi atau kantor, jika sudah lama maka wajib mengundang semuanya dan sebaliknya jika waktu kerja masih belum lama cukup mengundang rekan/kolega yang intensitas pertemuannya sering dan paling penting menunjang karier di masa depan.
  6. Teman Kuliah, SMA, SMP, SD. Mereka bisa menjadikan resepsi sebagai ajang reuni, layaknya orang yang lama tak bertemu karena bisa mempertemukan mereka kembali, biasanya di panggung saat mengucapkan selamat mereka bisa heboh. Kamu yang biasa bertemu tidak sengaja dengan teman ini langsung bisa bertemu sekaligus dengan banyak kawan lama, selain mengobati rasa kangen juga bisa membuka kembali silaturahmi yang terputus. Tapi pertimbangan utama mengundang teman ini adalah memilih yang masih menjalin komunikasi/silaturahmi serta mengenalnya dengan benar, takutnya nostalgia malah jadi aneh karena canggung dan lupa dengan siapa temanmu itu.
  7. Tamu Umum. Tamu umum ini antara lain rekan komunitas, rekan nongkrong, bisa juga orang yang tidak kamu kenal tetapi merupakan kolega orang tuamu atau keluargamu.

Bagaimana Cara Seleksi ?

Seleksi bertujuan pertama, untuk memastikan bahwa tamu undangan berpotensi datang. Kedua, memastikan ketersediaan tempat bagi tamu undangan. Ketiga, membuat suasana resepsi nyaman, akrab dan mampu di kontrol oleh panitia ataupun Event Organizer. Prinsip apa saja yang harus di kedepankan saat seleksi ?

Huruf Abjad
Susun Nama Berdasar Huruf Abjad. Setelah kamu, pasangan dan keluarga tahu siapa yang akan di undang, susun nama mereka dalam suatu daftar tamu yang diurutkan berdasarkan huruf abjad. Tujuannya adalah mendata nama-nama yang akan di undang agar tidak terlewat dan memudahkan mengingat kembali apakah tamu undangan sudah tercatat atau belum saat di data atau tanya ulang.

Level Hubungan
Susun daftar tamu berdasar level hubungan utama (prioritas). Tamu undangan yang datang adalah tamu yang memiliki kedekatan emosional denganmu, pasanganmu atau keluargamu. Apa jadinya jika tamu tidak kamu kenal, malah tidak memberi kesan buat acara resepsimu. Daftar nama tamu undangan yang efisien disusun dengan 5 level yaitu :
  1. Datang atau tidak, wajib diberi undangan. Biasanya mereka adalah pimpinan atau pejabat yang kita kenal, apalagi menunjang karir kita dan pasangan. Datang kamu bersyukur bahagia, tidak datang kita maklumi karena kesibukan atau jabatan memang tidak memungkinkan datang, undanganmu bersifat pemberitahuan dan penghormatan. Anggap undanganmu terbuang jika tamu ini tidak datang.
  2. Potensi Datang Besar. Mereka secara umum memiliki kedekatan emosional denganmu, pasanganmu dan keluargamu. Biasanya sahabat karib, sahabat komunitas atau teman nongkrong, tetangga dekat, panitia, keluarga besar, dll. Komunikasi dengan mereka lebih intens, sehingga ketika kamu mengajukan pertanyaan, “ bisa datang ya ke pernikahan kita ? “ kecenderungannya menjawab optimis bisa datang dengan persentase keyakinan datang besar. Jadi kelompok ini bisa diberikan undangan.
  3. Potensi Datang Kecil, Tetapi Memberikan Sumbangan. Meski persentase kecil untuk kelompok ini, tetapi mereka biasanya masih komunikasi dengan kamu. Saat di beri undangan tidak menolak, menguncapkan terima kasih, untuk sumbangan biasanya di titipkan kepada teman yang lain yang bisa datang. Ada kalanya kolega yang masih belum memastikan bisa hadir atau tidak, tetapi menjawab mengusahakan, padahal di depan dia punya agenda lain yang bersamaan. Keputusan sepenuhnya ada di kamu, setiap sumbangan yang masuk bukan berarti menutupi semua biaya resepsimu, tetapi paling tidak mengurangi beban biaya yang seharusnya di keluarkan, ingat resepsi adalah perayaan syukur (syukuran).
  4. Daftar Tunggu/Tambahan. Kamu sebenarnya masih punya keinginan untuk mengundang beberapa tamu, tetapi karena alasan kuota penuh maka anda dapat menyusun daftar tamu undangan potensial tambahan seperti daftar tunggu/tambahan. Hal ini memungkinkan saat ada informasi baru bahwa ada tamu undangan tidak dapat hadir, untuk antisipasinya anda dapat mengambil dari udangan cadangan yang sengaja disisihkan untuk menghindari tamu tak di undang.
  5. Potensi Datang Kecil. Untuk kelompok ini kamu wajib dan harus tega coret dari daftar tamu. Biasanya kalau ada undangan tidak datang, sudah lama tidak pernah komunikasi, kenal tetapi tidak dekat, mantan kekasih.

Jumlah Hadir
Susun tamu undangan dengan estimasi Datang Sendiri, Berdua atau Rombongan. Kamu perlu mengestimasi dari tamu undangan yang akan di undang apakah datang :
  1. Sendirian. 1 undangan = 1 orang)
  2. Berdua. 1 undangan = 2 orang, biasanya suami istri/sepasang kekasih/membawa teman
  3. Rombongan. 1 undangan = 3 orang atau lebih, biasanya keluarga kecil atau keluarga besar
Estimasi ini bertujuan selain perkiraan alokasi ketersediaan tempat duduk, juga terkait suvenir dan konsumsi.

Lokasi Tamu Undangan
Susun tamu undangan berdasarkan kedekatan lokasi acara resepsi pernikahan dengan tempat tinggal tamu undangan, apakah tamu dari dalam atau luar kota. Tamu dalam kota, peluang datang resepsi sangat besar karena tidak ada hambatan jarak. Sedangkan tamu dari luar kota juga harus di catat, karena terkadang banyak yang kurang suka menempuh perjalanan jauh apalagi saat akhir pekan. Biasanya kalau saat kamu menghadiri acara lain, di ingat saja apakah tamu luar kota ini bisa hadir atau tidak. Keputusan subyektif apakah undangan tetap dikirimkan atau tidak untuk tamu di luar kota, kamu juga bisa mempertimbangkan sebuah harapan mereka bisa hadir dan membawa hadiah untuk resepsimu. Justru mereka bisa tersinggung jika tidak diundang, bisa jadi mereka menggunakan resepsimu sebagai kesempatan untuk bepergian dan bersosialisasi saat bertemu tamu lainnya.

Pertimbangan Penting Saat Seleksi Tamu Undangan

Saat melakukan seleksi tamu undangan banyak sekali pertanyaan yang muncul dan terkadang menimbulkan perdebatan antara kamu, pasangan dan keluarga. Ada baiknya kamu tahu dan mempersiapkan mental dalam menghadapi pertanyaan ini, menggunakannya sebagai bahan renungan dan mampu mengambil tindankan serta keputusan yang tepat. Apa saja pertanyaan itu ?

Kamu kesal atau tidak jika tamu yang di undang tidak hadir di resepsimu ?

Jika kamu kesal, maka putuskan untuk mengundangnya, supaya tidak ada beban mengganjal sebelum dan setelah resepsi. Tetapi jika reaksimu sebaliknya, masa bodo tamu itu datang atau tidak, jadilah tega untuk tidak mengundangnya, reaksi orang itu pikir belakangan.

Sudahkah kamu punya cara mengatasi drama teman yang tidak di undang ?

Resiko seleksi tamu undangan dengan tujuan membatasi jumlah tamu undangan yaitu akan menerima drama dari pihak yang tidak diundang. Bisa saja kamu dituntut kenapa tak mengundang mereka, bisa saja mereka kesal dan marah atas keputusanmu, bisa saja mereka membuatmu menjadi buah bibirnya padahal drama mereka bisa saja basa-basi atau cuma mencari perhatian. Tentu drama-drama ini harus anda hadapi dan sikapi dengan bijak agar mereka mengerti dengan kondisi yang kamu hadapi.
  • Minta Maaf. Merupakan cara paling bijak untuk meredakan drama dan emosi dari mereka yang tidak diundang.
  • Jujur dan Ceritakan Alasan. Saat bertemu mereka ceritakan apa saja alasanmu tidak mengundang, jelaskan sampai mereka paham. Jika memang lupa ceritakan lupa dengan menunjukkan daftar undangan, jika memang tidak di undang jangan pura-pura buat alasan lupa. Bisa jadi karena yang punya hajat orang tua punya jatah tamu sedikit, bisa juga pertimbangan temanmu jauh enggan merepotkan, bisa juga karena konsep acaranya lebih mengutamakan kebersamaan keluarga. Intinya ceritakan sebenarnya dan kamu punya alasan kuat tidak mengundang mereka.
  • Cuek. Jika mereka yang tidak diundang masih drama dan tidak mau mengerti dengan penjelasanmu. Kamu bisa bersikap cuek dan membiarkan drama ini menjadi angin lalu sejalan dengan waktu yang terus berputar. Jangan buat beban drama yang sudah kamu siap hadapi.
  • Jangan biarkan orang lain membuatmu merasa bersalah. Yakinlah keputusan tidak mengundang mereka adalah terbaik dari yang tersingkirkan, anda sudah berpikir keras tidak ada orang tertinggal dan sedih tidak diundang. Prinsip yang dipegang adalah resepsi ini adalah pestamu, untuk mengundang orang-orang spesial dari proses seleksi kompromi dengan banyak pihak, tidak semua bisa senang tetapi yang penting kamu, pasanganmu dan keluargamu yang harus paling berbahagia.

Sudahkah kamu siap dengan tamu tak terduga ?

Kadang ada hal yang tidak bisa kita duga dan tidak sesuai dengan rencana. Suka atau tidak, kedatangan tamu tak diundang sangat mungkin akan terjadi. Kesiapan menghadapi hal yang tidak terduga bisa di antisipasi dengan mengurangi 2-5 persen dari undangan untuk tidak disebarkan misal kapasitas 500 orang maka 10-25 orang kita siapkan untuk tamu tak diduga. Hal ini sangat berkaitan erat dengan konsumsi, souvenir dan ketersediaan tempat duduk.

Pada saat rapat dengan EO atau panitia resepsi, berikan tugas khusus kepada satu orang atau tim untuk memantau tamu lebih tak terduga. Kemudian berkoordinasi dengan tim penyambut tamu dan bagian konsumsi untuk menyiapkan sambutan dan konsumsi yang sama dengan tamu terdaftar dalam rencana. Jika ada kekurangan bisa berkoordinasi dengan pihak keluarga besar agar mementingkan tamu undangan umum, dan bisa menjamu keluarga di luar resepsi karena ada antusias tamu tak terduga di luar rencana.


3. SIMPAN DAFTAR NAMA TAMU DI DOKUMEN ONLINE

Saat ini kemajuan teknologi dapat digunakan dalam koordinasi pencatatan distribusi undangan, dengan menggunakan android/os lainnya di dalamnya ada word sheet atau excel untuk mencatat siapa saja yang sudah menerima undangan kemudian berkoordinasi dengan aplikasi chat seperti whatsapp, line atau BBM, dimana anda bisa berkirim informasi via grup untuk update perkembangannya.

Memudahkan kontrol siapa saja yang belum mendapatkan dan kendala apa saja saat distribusi undangan, sehingga siapa saja yang ada waktu luang dapat berkoordinasi untuk membantu yang lain.


4. JANGAN ADA TAMBAHAN CETAK UNDANGAN

Buatlah aturanmu sendiri, sepakati dengan pasanganmu dan keluargamu soal daftar nama undangan, kemudian tetapkan jangan ada tambahan nama lagi. 40-30 hari sebelum hari H semuanya sudah harus pasti, supaya tidak ada tambahan cetak undangan. Hal yang utama adalah “ PATUHI KESEPAKATAN ATURAN INI “.

Saat sudah menyebarkan undangan, mungkin saja kamu menemui rekan/kolega yang meminta undangan padahal namanya tidak ada di daftar tamu undangan. Kamu jangan tidak enak dan main memberinya undangan yang jika di biarkan malah tamu yang seharusnya dapat jadi tereliminasi karena sungkan. Bisa bahaya karena kamu harus mencetak undangan tambahan dan konsekuensinya rencana awal berubah.

Sekali lagi, jangan goyah dan tetap teguh dengan komitmen kesepakatan bersama yang telah dibuat. Lakukanlah penolakan dan beritahu kolegamu dengan jujur, bahwa kamu sudah berkomitmen dengan pasangan dan keluarga.


5. TANGGAP TERHADAP PERUBAHAN/INFORMASI BARU

Jika calon tamu undangan anda sudah diberi undangan, kemudian sebelum hari H memberikan informasi ketidakhadiran karena alasan bersifat mendadak, maka informasi ini sangat berguna buatmu agar dapat mengalihkan jatah undangan kepada daftar tunggu/tambahan. Tujuannya tidak lain untuk menggantikan tamu yang tidak hadir dan memenuhi kuota total tamu undangan.


tamu undangan pernikahan
souvenir pernikahan
contoh undangan pernikahan
undangan pernikahan
desain undangan pernikahan
kartu undangan pernikahan
undangan pernikahan unik
undangan
harga undangan pernikahan
model undangan pernikahan
kartu undangan pernikahan unik
desain undangan pernikahan unik
contoh undangan pernikahan unik
undangan murah
contoh kartu undangan pernikahan
contoh undangan nikah
undangan unik
harga kartu undangan pernikahan
harga undangan
souvenir unik pernikahan
contoh desain undangan pernikahan
undangan nikah unik
kartu undangan
desain undangan
harga souvenir pernikahan
harga undangan pernikahan
undangan nikah
souvenir pernikahan unik dan murah
harga undangan pernikahan unik
desain undangan pernikahan simple
souvenir pernikahan murah
souvenir pernikahan unik
resepsi pernikahan
undangan pernikahan
undangan pernikahan murah
desain undangan pernikahan terbaru
undangan pernikahan elegan
model kartu undangan pernikahan
souvenir unik
jual souvenir pernikahan
model undangan unik
undangan unik pernikahan
souvenir pernikahan unik lucu bermanfaat dan murah
souvenir unik dan murah
souvenir nikah
souvenir pernikahan jogja
undangan pernikahan unik dan murah
contoh kartu undangan
model undangan pernikahan terbaru
desain undangan pernikahan minimalis
tamu undangan pernikahan
tamu undangan pernikahan song song couple
tamu undangan pernikahan kahiyang
tamu undangan pernikahan pangeran harry
tamu undangan pernikahan pangeran william
tamu undangan pernikahan kahiyang ayu
tamu undangan pernikahan raffi ahmad
tamu undangan pernikahan vicky shu
tips memilih tamu undangan pernikahan
buku tamu undangan pernikahan
sambutan tamu undangan pernikahan
foto tamu undangan pernikahan
buku tamu undangan pernikahan unik
daftar tamu undangan pernikahan
list tamu undangan pernikahan
pakaian tamu undangan pernikahan
daftar tamu undangan pernikahan pangeran william
jumlah tamu undangan pernikahan kahiyang
foto tamu undangan pernikahan kahiyang
sambutan tamu undangan acara pernikahan
aksesoris untuk tamu undangan pernikahan
tamu undangan pernikahan baim wong
contoh buku tamu undangan pernikahan
penulisan nama tamu undangan pernikahan yang benar
format buku tamu undangan pernikahan
bingkisan untuk tamu undangan pernikahan
desain buku tamu undangan pernikahan
contoh cover buku tamu undangan pernikahan
cara membuat buku tamu undangan pernikahan
cara memilih tamu undangan pernikahan
contoh list tamu undangan pernikahan
tamu undangan pernikahan song couple
cara menghitung tamu undangan pernikahan
contoh daftar tamu undangan pernikahan
tamu undangan di pernikahan song song couple
contoh sambutan tamu undangan pernikahan
daftar tamu undangan pernikahan song song couple
contoh penulisan nama tamu undangan pernikahan
tamu undangan pernikahan priyanka chopra
cara menerima tamu undangan pernikahan
contoh daftar hadir tamu undangan pernikahan
17 potret tamu undangan pernikahan song song couple
daftar tamu undangan pernikahan kahiyang
download lagu tamu undangan pernikahan
kata sambutan dari tamu undangan pernikahan
selamat datang para tamu undangan pernikahan
format daftar hadir tamu undangan pernikahan
undangan pernikahan tidak menerima tamu dirumah
format nama tamu undangan pernikahan
harga buku tamu undangan pernikahan
hadiah untuk tamu undangan pernikahan
tamu undangan pernikahan song joong ki
jumlah tamu undangan pernikahan
kue untuk tamu undangan pernikahan
kata sambutan tamu undangan pernikahan
ucapan terimakasih kepada tamu undangan pernikahan
kata sambutan untuk tamu undangan pernikahan
kata sambutan mewakili tamu undangan pernikahan kristen
lagu tamu undangan pernikahan
tamu undangan pernikahan mp3
menentukan tamu undangan pernikahan
sambutan mewakili tamu undangan pernikahan
cara menentukan tamu undangan pernikahan
penulisan nama tamu undangan pernikahan
pidato tamu undangan pernikahan
pidato sambutan tamu undangan pernikahan
tamu undangan pesta pernikahan
para tamu undangan pernikahan
sambutan mewakili tamu undangan resepsi pernikahan
tamu undangan pernikahan song
tips menentukan tamu undangan pernikahan
ucapan terima kasih untuk tamu undangan pernikahan
souvenir untuk tamu undangan pernikahan
Berlangganan Via Email Anda :

0comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.


Top