8 Tips Tetap Produktif di Rumah

Salah satu alasan mengapa ingin menjadi freelancer adalah ingin bisa bekerja dari rumah. Namun, suasana bekerja di rumah tentu sangat berbeda dengan suasana bekerja di kantor. Namun bukan berarti bekerja di rumah itu tidak bisa produktif, berikut beberapa tips supaya tetap bisa produktif bekerja di rumah.

8 Tips Tetap Produktif di Rumah - www.iniunik.web.id

  1. Buatlah Playlist Musik Kesukaan. Bekerja sambil ditemani musik-musik kesukaan bisa membuat kita lebih produktif. Cara ini bekerja dengan baik bagi saya dan teman-teman saya. Pilihlah musik yang memang mendukung, pilihlah musik yang soft dan jangan nyalakan musik dengan tema galau, bisa-bisa nanti merusak mood kerja anda.
  2. Jauhkan Gangguan Di Sekitar. Bekerja di rumah mudah sekali mendapatkan gangguan, entah itu dari keluarga ataupun barang-barang elektronik seperti TV, Xbox atau Nintendo. Saat bekerja jauhkan distraction tersebut, matikan tivi atau barang elektronik lainnya, buatlah jadwal kerja anda dan tunjukan pada keluarga agar mereka memahaminya.
  3. Selalu Siapkan Catatan Untuk Menampung Ide. Tips ini berlaku untuk semua profesional, tidak hanya yang bekerja di rumah. Ide itu seperti binatang liar, kita harus siap menghadapi dan menangkapnya kapan saja. Oleh karena itu, siapkan catatan yang selalu anda bawa. Bisa dengan gadget atau buku kecil yang bisa masuk kantong, sehingga ketika ide datang menghampiri, kita sudah siao untuk menangkap dan mencatatnya.
  4. Ciptakan Ruang Kerja Sebagaimana Mestinya. Apa yang anda lakukan pertama kali saat duduk di depan komputer? membuka YM, twitter, facebook? Buatlah ruang kerja anda termasuk desktop di komputer supaya mendukung produktifitas. Tampilkan hanya aplikasi produktiftas saja, singkirkan shortcut seperti twitter, FB atau YM.
  5. Taruh Benda-Benda Yang Membuat Anda Semangat. Semangat bisa datang dari luar atau biasa disebut eksternal motivation. Salah satu pemicunya adalah benda-benda tertentu. Apakah semangat anda bertambah saat membayangkan pasangan anda? kalau begitu, taruhlah foto mereka di meja kerja anda.
  6. Atur Cahaya Dan Warna. Pencahayaan dan warna dari ruang kerja bisa membuat kita bekerja lebih semangat, jadi pastikan anda memiliki pencahayaan yang baik dan warna dinding yang bisa memancarkan suasana positif di ruang kerja.
  7. Gunakan Peralatan Yang Ergonomis. Dalam banyak penelitian, ergonomika kerja penting untuk meningkatkan produktifitas, salah satunya adalah memilih peralatan kerja yang ergonomis atau enak digunakan. Sebagai contoh, pilihlah kursi yang empuk supaya pinggang anda tidak cepat sakit.
  8. Bekerjalah Dengan Senang Hati. Bekerjalah seperti anda bermain, artinya jika kita merasa senang saat bekerja, otomatis produktiftas akan terjaga. Kebahagiaan berbanding lurus dengan produktifitas, anda percaya ?
Berlangganan Via Email Anda :

0comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.


Top